Komponen-komponen SIG

Sistem informasi adalah adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen waktu, logika, matematis dan program yang berkaitan dengan komponen, tehnis, manusia dan komponen informasi, semua komponen ini saling membentuk hubungan di dalam satu sistem, untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut:

a. Software atau program komputer adalah software SIG yang sesuai dengan tujuan organisasinya. Untuk organisasi yang memerlukan analisis jaringan dan perlu keakuratan data, maka software SIG berbasis vektor lebih sesuai. Sedangkan bagi organisasi yang banyak melakukan pemodelan spasial, maka software SIG berbasis raster lebih cocok, adapun beberapa macam software SIG misalnya: ArcGIS, Arc View, Arc Info, Global Mapper, MapInfo, ERMapper, Idrisi, Auto Cad, Surfer, Erdas, Envi dan Elwis.

b. Hardware, Personal Komputer (PC) dan peripheral lainnya yang dapat dioperasikan untuk menjalankan perangkat lunak, sebagai fungsi dari input, proses ataupun data. Pada saat ini peripheral input yang paling banyak dimanfaatkan adalah meja digitizer. Sedangkan untuk peripheral output pada umumnya memanfaatkan alat plotter dan printer warna.

c. Brainware atau Sumber daya manusia merupakan salah satu komponen yang sangat penting menentukan keberhasilan pemanfaatan SIG. secara sederhana terdapat tiga tingkatan yang sebaiknya tersedia untuk mengelola SIG, yaitu : manager SIG, analisis SIG dan operator SIG.

d. Data merupakan salah satu aset atau modal organisasi untuk dapat menjalankan SIG, karena tanpa dukungan dengan data yang mempunyai validitas yang baik, maka hasil pengolahan dalam SIG nantinya tidak akan bermanfaat (Anonim, 2003).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s